Pengalaman Mengganti LCD Laptop Yang Rusak

Pict by Pinterest

Aktivitas work from home (WFH) dan/atau kuliah online ternyata tidak hanya membuat lelah fisik dan pikiran bagi manusia. Laptop sebagai sarana utama yang dipakai untuk WFH dan kuliah online juga bisa merasakan lelah seperti yang dialami oleh manusia yang memakainya. Wajar saja jika laptop ikutan merasa lelah bahkan sampai ngadat dan ada komponen yang rusak, mengingat selama pandemi ini baik urusan kuliah, sekolah, pekerjaan bahkan sumber hiburan pun menjadi sangat bergantung sekali pada penggunaan laptop. Selama kegiatan kuliah online saja, saya bisa duduk mantengi layar laptop mulai dari bangun tidur sampai hendak tidur lagi 😩😭

Alhasil tidak hanya saya sebagai manusia saja yang menjadi uringan-uringan karena merasa lelah, laptop yang saya gunakan pun merasa lelah sampai tumbang dan komponen LCD-nya rusak 😭 Kerusakan LCD laptop milik saya tersebut ditandai dengan warna layar LCD yang berubah menjadi kepink-pink-an dan disertai garis-garis putih vertikal yang hampir memenuhi layar 😭 

Layar Laptop Saya Sebelum Blank Total

Auto panik banget dong saya. Mana pada saat itu saya sedang UAS dan ada beberapa tugas pengganti UAS yang harus segera saya kerjakan dan kumpulkan 😭 Saya pun segera mengcopy folder yang berisi tugas dan materi perkuliaham ke dalam flashdiks namun sayang sebelum selesai meng-copy folder tersebut ke dalam flashdiks layar LCD-nya sudah keburu blank total dengan warna gak karuan 😭  (saya tidak sempat foto) Dan terjadilah drama yang sungguh sangat menguras emosi sampai keesokan harinya 😩😭

Oke fokus kembali pada judul postingan, kali ini saya akan berbagi postingan tentang bagaimana pengalaman saya mengganti LCD laptop. Laptop saya sendiri mereknya Asus dengan tipe A44H. Tipe laptop yang sudah jadul karena saya membeli laptop ini pada tahun 2012 sehingga wajar saja jika sudah ada komponen yang minta diganti 😂

Menurut pendapat saya, ketika kita akan mengganti LCD laptop yang rusak ataupun hendak mengganti komponen laptop lain, ada tiga hal yang harus benar-benar dipikirkan dan dipertimbangkan dengan baik. Hal tersebut yaitu mengenai:

1. BUDGET
Jujur ketika menghadapi LCD laptop yang rusak seperti itu pastilah yang pertama terpikir adalah berapa budget yang dibutuhkan untuk mengganti LCD tersebut, mengingat jika LCD laptop rusak maka solusi terbaiknya adalah dengan diganti bukan diperbaiki. Orang awam juga pasti tahu bahwa jika berhubungan dengan rusaknya LCD maka biaya yang dikeluarkan untuk menggantinya lumayan mahal, bahkan harga penggantian komponen LCD laptop di service center resmi bisa menyentuh angkah 1 juta lebih atau paling parah bisa mencapai hampir setengah harga jika membeli laptop baru. Duh budget tersebut tentunya tidak affordable bagi kaum menengah kepinggir seperti saya wkwk 🤣😭

2. KUALITAS LCD atau KOMPONEN LAINNYA
Selain berpikir mengenai budget, kualitas dari komponen LCD pengganti pun tentunya menjadi pertimbangan yang krusial. Jika tidak ada masalah dengan budget, tentunya mengganti LCD laptop di tempat service center resminya adalah pilihan yang terbaik karena kualitas dan keoriginalitasannya lebih terjamin. Selain itu, pihak service center juga biasanya memberikan masa garansi bagi komponen LCD yang telah diganti tersebut sehingga jika terjadi sesuatu lagi pada masa jangka waktu garansi yang ditentukan maka kita bisa klaim garansi tersebut. Akan tetapi, jika terkendala dengan budget yang pas-pasan maka kita tidak usah khawatir karena kita sendiri juga bisa kok hunting dan beli online komponen LCD laptop yang kita butuhkan di marketplace terpercaya. Harganya tentunya jauh lebih murah daripada kita mengganti LCD di service center resmi,  Untuk kualitasnya sendiri lumayan bagus bahkan sama saja dengan kualitas LCD bawaan (saya megetahui hal tersebut setelah membaca review-review pengalaman orang yang sudah membeli LCD laptop di suatu marketplace). LCDnya sendiri bukan barang OEM, KW ataupun refurbished tapi memang original dari berbagai brand seperti Boe, Chimei, Innolux, LG, AOU, Ivo, Cunghwa ataupun merek lainnya 

3. MEMILIH TEMPAT SERVICE dan TEKNISI YANG AKAN MEMASANG LCD
Jika kita memilih untuk mengganti LCD di service center resmi, kita tentunya tidak usah pusing memikirkan siapa teknisi yang akan memasangkan LCD pada laptop milik kita karena selain menyediakan komponen/sparepart laptop yang terjamin kualitasnya, pihak service center tentunya sudah memiliki para teknisi yang handal dan berkompeten di bidangnya untuk bekerja pada mereka. Berbeda jika kita memutuskan untuk mengganti komponen LCD di tempat service center nonresmi, kita harus selektif sekali dalam memilih tempat service/teknisinya karena banyak tempat service/teknisi yang nakal dan tidak jujur. Saya tidak bermaksud suudzon atau apa, hal tersebut juga berdasarkan pengalaman traumatis saya yang dulu pernah tertipu oleh tempat service beserta teknisi komputer yang notabenenya adalah kenalan baik saudara saya loh :) ironis sekali bukan? Tapi ya sudahlah. Oleh karena itu, berkaca dari pengalaman tersebut apa kita sebagai pelanggan harus smart dan selektif dalam meilih tempat service karena tidak jarang banyak tempat service laptop/komputer beserta teknisinya yang nakal dan tidak jujur 😭 tapi yang jujur dan baik juga InsyaAllah masih banyak kok ☺

Dengan mempertimbangkan ketiga aspek di atas, saya pun memutuskan tidak akan mengganti LCD laptop saya di Asus Service Center yang resmi. Memang sih, jika kita mengganti LCD atau komponen lain di service center resmi, kualitas dan keoriginalitasnya lebih terjamin tapi apadaya jika terkendala budget mau tidak mau kita harus mencari alternatif lain yang lebih  affordable. Lagi pula laptop saya adalah laptop keluaran lama, jadi asal bisa dipakai dengan normal rasanya sudah cukup 😂 saya tidak mengharapkan kuakitas yang sama persis dengan barang bawaanya 😂

Nah, ketika memutuskan tidak akan mengganti LCD laptop di service center resminya Asus, maka saya memiliki  2 alternatif pilihan, yaitu:

1) Membeli LCD sekaligus meminta jasa pasang LCD laptop tersebut di salah satu tempat service laptop.
Jika kita memilih alternatif yang pertama ini, kita hanya tinggal menyerahkan laptop kita kepada tempat service yang kita pilih kemudian setelah LCDnya diganti dan terpasang kita tinggal membayarnya. Istilah simplenya sih kita tinggal terima beresnya saja. Menurut pendapat saya, pilihan alternatif yang pertama ini tidak jauh berbeda dengan kita memilih untuk mengganti LCD di service center resmi. Bedanya hanya dalam kualitas LCDnya saja yang mungkin tidak sama persis dengan LCD bawaan serta budgetnya yang lebih murah daripada jika kita mengganti LCD di service center resmi. Pas saya kemarin tanya ke salah satu tempat service laptop milik kenalannya teman saya, harga penggantian LCD laptop untuk Asus A44H sendiri budgetnya sebesar 750 ribu dan itu  sudah termasuk biaya pasang. Nah, jika kita meminta jasa pasang LCDnya saja (dengan kata lain kita membeli LCD sendiri) biaya pasang LCDnya sendiri hanya kisaran Rp50.000,- sampai dengan Rp100.000,- (tergantung tingkat kesulitan kali ya, kan tiap laptop memiliki karakteristik yang berbeda-beda). Dari sana bisa diperkirakan bahwa harga LCD di tempat service bisa mencapai Rp650.000,- sampai dengan Rp700.00,- (masih terbilang mahal sih buat saya wkwk 😂)

2)  Membeli LCD sendiri kemudian meminta jasa pasang LCD laptop tersebut kepada salah satu tempat service laptop/teknisi yang berkompeten.
Nah pilihan alternatif kedua inilah yang saya pilih karena menurut saya sangat affordable. Saya sendiri membeli LCD untuk laptop Asus A44H saya di tokopedia dengan harga Rp350.000,- (itu belum termasuk biaya tambahan berupa packing kayu dan biaya ongkos kirim). Jika ditotal dengan packing kayu dan biaya ongkos kirim maka biaya yang dikeluarkan saya untuk membeli LCD adalah sebesar Rp409.700,-  Dari sana bisa terlihat bahwa budget yang dikeluarkan akan jauh lebih murah apabila kita beli LCD sendiri, apalagi kalau belinya secara online. Tips dari saya ketika membeli LCD online lewat marketplace yaitu jangan lupa untuk melihat dahulu rating dan baca terlebih dahulu review/ulasan dari pembeli-pembeli LCD yang sebelumnya ya, agar kita tahu bagaimana kualitas LCD tersebut dan bagaimana tanggung jawab seller yang menjadi penjualnya jika terjadi sesuatu pada LCD kita, apakah ada garansi atau tidak. Pokoknya belilah LCD di seller yang sudah terpercaya dan LCD tersebut sudah pernah terjual dan juga memiliki rating/ulasan yang baik dari para pembeli lain. Hal yang sangat penting lainnya adalah jangan lupa untuk membeli LCD laptop yang memang sesuai dan kompatibel dengan merek dan tipe laptop kita ya. Contohnya : Saya membeli LCD laptop dengan kata kunci pencarian di tokopedia “LCD Laptop Asus A44H” karena memang laptop saya mereknya Asus dan tipenya adalah A44H. Mengenai biaya jasa pasang LCDnya sendiri, saya memilih jasa pasang kepada teman kantor ayah saya karena kebutulan dia bekerja dan jago di bidang IT. Untuk biaya pasangnya sendiri sebenarnya teman kantor ayah saya tidak mematok ya (mungkin karena tidak enak juga) tapi justru itu malah membuat saya dan ayah saya bingung wkwk 😂 Ayah saya pun memberikan imbalan Rp100.000,- plus rokok 1 bungkus (sekitar 25 ribu lah ya) mengingat pemasangan LCD laptop oleh teman ayah saya ini gercep sekali, tidak sampai sehari sudah beres wkwkwk 🤣 Itu juga sudah include dengan biaya untuk membersihkan debu di laptop saya karena sudah lama sekali laptop saya debunya tidak dibersihkan sehingga laptop mudah sekali panas 😩

Jika semuanya ditotal maka biaya saya untuk mengganti LCD laptop yang rusak adalah sebesar Rp534.700,- Lumayan affordable banget kan ya jika dibandingkan harus mengganti LCD laptop ke service center resmi ataupun jika kita membeli LCD sekaligus meminta jasa pasang LCD laptop tersebut di salah satu tempat service laptop (menghemat dananya sampai Rp215.300,- cuy). Untuk kualitas LCDnya sendiri setelah dipasang, menurut saya sih bagus-bagus aja ya, tidak terasa perbedaan yang begitu signifikan dengan LCD bawaannya. Mengenai ketahanannya tolong jangan ditanya dulu ya 😂 soalnya saya juga baru pakai selama dua hari wkwk 🤣 Mudah-mudahan sih awet, lancar jaya dan tidak ada kendala apapun ya! Aamiin 🤲

Ohiya, bagi kalian yang mengalami kendala laptop rusak, baik itu LCDnya ataupun kerusakan lain saya merekomendasikan salah satu tempat service laptop yang terpercaya, yaitu Bang Amin Gadget. Bang Amin Gadget ini merupakan workshop service nomor 1 di Bandung dengan ulasan terbanyak 2000 ulasan dan rating tertinggi 4.6. 


Bang Amin Gadget melayani: Service Laptop, Service hardisk, Recovery data, kasus ransomware, Service Macbook dan Laptop Gaming, Handphone android dan iphone.

Keunggulan service di Bang Amin Gadget, yaitu:
  1. Service dimulai dengan Service Ringan Menengah, untuk kasus laptop mati total dikenakan biaya Rp100.000,- sampai dengan Rp.250.000,- saja
  2. Rangking 1 se-Bandung Raya, service laptop dengan ulasan Google Terbanyak, yakni 2000 ulasan dan bintang tertinggi 4.6
  3. Buka dari pukul 06.00-21.00 WIB (Sore Kiamat, Subuh masih buka)
  4. Usaha yang dipimpin oleh Alumni ITB pada Fakultas Teknologi Industri atas nama Amin Yahya Zefiansyah/NIM ID 13314051
  5. Tempat service dan jual beli laptop dan handphone yang bisa dibayar dengan laptop/HP mati total parah atau rusak 
  6. Berlokasi hanya 2.2 KM dari Gedung Sate ICON JAWA BARAT
  7. Sparepart original asli tiap brand, garansi 100% jika tidak original

Bang Amin Gadget berlokasi di Jalan Batik Halus 17 Sukaluyu, Cibeunying Kaler (Dekat UNISBA baru). Bisa klik https://g.page/bangamin_gadgetinfo?share

Bang Amin Gadget dapat dihubungi melalui  https://pesan.link/6285162886251

Bang Amin Gadget memiliki tujuan untuk membantu masyarakat dengan cara memberantas metode tempat service lain (oknum) yang mengatasi kasus LAPTOP MATI TOTAL tapi langsung disuruh GANTI MESIN/MOTHERBOARD. Padahal laptop tersebut kerusakannya hanyalah minor dan bisa di reparasi ringan. Maka dari itu, kami menawarkan metode SRM (Service Ringan Menengah ) dengan biaya yang terjangkau mulai dari Rp100.000,- sampai dengan Rp.250.000,- saja sudah bisa mengatasi kasus laptop mati total, laptop menyala tapi layar tidak tampil, atau kasus-kasus rada aneh lainnya.

Nah, buat kalian yang baca informasi di website ini dan ingin service di Bang Amin Gadget maka dengan screenshot informasi ini kamu akan DIPRIORITASKAN dan juga kamu bisa mendapat potongan 10% dengan cara memasukan kode Referral “ANNE01” ketika mendaftar service laptop, hardisk ataupun handphone di Bang Amin Gadget apabila mau ya.

Itulah pengalaman saya mengganti LCD laptop saya yang rusak, semoga bermanfaat ya! Jika kalian mau sharing ataupun ada pertanyaan mengenai penggantian LCD laptop kalian yang rusak jangan sungkan dan ragu untuk mengungkapkannya di kolom komentar ya ☺Thanks! 😊

13 Comments

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih kembali. Siap nanti saya blogwalking ya :)

      Delete
  2. Sekarang kondisinya gimana kak? Apakah LCD nya masih bagus? Saya penasaran kalau beli LCD online bakal awet atau enggak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masih bagus kok, dari bulan Juli 2020 sampai sekarang Alhamdulillah tidak ada kendala/keluhan hehe.

      Delete
  3. Setelah ganti LCD itu datanya ga ilang kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak hilang kok, soalnya kan bagian yang rusak hanya LCDnya saja. Hardiks dan bagian hardware lainnya masih bagus dan berfungsi normal hehe

      Delete
  4. Setelah ganti LCD, kecerahan dan ketajamannya masi seperti bawaannya ya kak.? Atau kelabur gitu, sayang banget laptop baru 1 tahun udah pecah lcd karena jatuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kira untuk kualitas kecerahan dan ketajamannya mungkin tidak akan sebagus yang bawaan ya. Tapi kualitasnya masih tergolong bagus dan nyaman dilihat oleh mata kok, tidak kelabur ☺ Wah turut berduka cita ya, semoga laptopnya seea mendapatan ganti LCD yang cocok dan bagus ☺🙏🏻

      Delete
  5. Mbak kalau ganti lcd laptop itu merknya bebas ya yg penting sesuai dgan ukuran layar laptop kita, misal 14 inch. gitu kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, kak. Merknya bebas dengan catatan ukuran dan keterangannya juga compatible dengan merk dan series laptop yang kakak punya :)

      Delete
  6. sekarang kondisinya gimana kak? soalnya laptop saya juga mau ganti lcd tapi masih bingung misal beli online bakalan tahan lama atau engga

    ReplyDelete