[REVIEW] The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA | Serum Yang Ampuh Menghilangkan Bekas Jerawat



Hola guys! Posting maraton nih mumpung libur dan mood saya bagus hehehe :D Setelah kemarin saya sharing perihal perjalanan menemukan skincare yang cocok, kali ini saya akan mereview salah satu produk skincare yang saya gunakan. Inginnya sih saya sharing postingannya berurutan gitu sesuai urutan perjalanan produk skincare yang saya pakai tapi karena suatu alasan random juga tidak apa-apalah ya, takutnya keburu lupa hehehe.

Produk skincare yang akan saya review adalah The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA. Hal yang melatarbelakangi mengapa saya memakai produk ini adalah kondisi wajah saya yang akhir-akhir ini sudah tidak lagi berjerawat dan hanya meninggalkan bekasnya saja yang bernoda hitam kecokelatan :( Setelah membaca dan sharing sana-sini akhirnya saya memantapkan hati untuk membeli produk The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA ini. Sejujurnya saya sudah ingin mencoba produk The Ordinary ini dari semenjak awal kuliah yaitu sekitar pertengahan tahun 2017. Pada saat itu produk The Ordinary sedang hype sekali. Tapi apa daya karena pada saat itu sedang hype-hypenya kemudian di Indonesia produk The Ordinary ini belum banyak yang menjual sehingga harus ikut PO melalui jasa titip dan harganya pun cukup mahal bagi kantong mahasiswi seperti saya akhirnya keinginan saya untuk membeli produk ini pun saya urungkan.

Seiring berjalannya waktu ternyata yang menjual produk The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA ini sudah menjamur bahkan sudah banyak yang menjualnya di Shopee, harganya pun sudah relatif turun dan murah. Yang awalnya pas hype sekitar 200k lebih sekarang di shopee menjadi 130k-150k. Akan tetapi kalian juga jangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu murah ya, soalnya produk The Ordinary yang palsu juga banyak beredar di pasaran, jadi tetap harus hati-hati dan be smart buyer! Setelah hunting di shopee saya pun akhirnya membeli The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA di sebuah seller dengan harga Rp153.000,- saya membaca review dari pembelinya cukup bagus dan rating produknya 4.9 dan sudah terjual banyak. Mengapa saya memutuskan membeli harga yang Rp153.000,- padahal di shopee juga bertebaran produk The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA dengan harga yang lebih murah bahkan sampai sekitar 130k? Alasannya simple saya agak ragu dan riskan saja, lebih baik mengeluarkan uang 20 ribu lebih mahal tapi mendapatkan produk yang original daripada lebih murah 20 ribu tapi dapatnya yang palsu.


PRODUCT INFO
Nama Produk : The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA
Netto : 30ml
Harga : 153k
Where to buy :  secretkey1 (shopee), other

PACKAGING
Packaging dari produk The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA ini menurut saya simple dan elegan. Produk dikemas dengan botol kaca bening dan kemudian diberi kemasan putih berbahan karton tipis yang mencantumkan nama produk, komposisi produk dan fungsi dari penggunaan produk itu sendiri. Meskipun kemasan botol ini kesannya elegan dan mewah tapi agak riskan juga sih takut pecah. 


Yang paling saya suka dari kemasan produk ini adalah aplikator untuk mengambil isinya  menggunakan pipet yang sekaligus berfungsi sebagai penutup botol dari produk ini. Jadi terkesan lebih higienis dan gak ribet colek sana-sini meskipun kalau meluber tetap saja ya hehehe. 

BACA JUGA: [REVIEW] Elformula 28 Days Miracle Whitening Solution HP Niacinamide + Arbutin + Zinc | Serum Korea Selatan Yang Sedang Hype!


Isi dari produk ini 30 ml. Awalnya saya kira sangat sedikit dan bakalan cepat habis tapi nyatanya tidak.  Foto di atas adalah sisa  The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA setelah dipakai saya selama dua bulan


INGREDIENTS
Aqua (Water), Alpha-Arbutin, Polyacrylate Crosspolymer-6, Hydrolyzed Sodium Hyaluronate, Propanediol, PPG-26-Buteth-26, PEG-40 Hydrogenated Castor Oil, Lactic Acid, Trisodium Ethylenediamine Disuccinate, Ethoxydiglycol, Phenoxyethanol, Chlorphenesin.

PRODUCT CLAIM
Produk ini mengklaim bahwa kandungan Alpha Arbutin 2% + HA yang terdapat dalam produk ini  mampu mengatasi Hyperpigmentation dan Dark Spots.



TEXTURE & SCENT
Tekstur The Ordinary ini cukup thick ya. Setelah diaplikasikan ke wajah meninggalkan kesan agak lengket dan butuh beberapa waktu untuk menyerap di kulit wajah saya. Menurut saya bau dari The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA ini agak chemicals gitu deh tapi no prob kok.

HOW TO USE
Saya menggunakan produk ini pada rangkaian skincare routine saya pada malam hari. Karena The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA ini adalah serum maka saya menggunakannya setelah memakai toner dan essense . Tiga sampai empat tetes cukup kok untuk diratakan ke seluruh wajah. Terkadang saya juga menggunakan produk ini pada rangkaian skincare routine saya di pagi hari (tapi sangat jarang). Jika digunakan di pagi hari atau siang hari jangan lupa setelahnya pakai sunscreen ya, karena takutnya kulit menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari dan malah menyebabkan iritasi.

RESULT
Kandungan Alpha Arbutin 2% + HA dalam produk ini konon ampuh untuk memudarkan noda hitam kecokelatan bekas jerawat.  Dan hal tersebut terbukti benar, kandungan Alpha Arbutin 2% + HA ternyata memang ampuh dan cocok untuk kulit wajah saya. Terbukti setelah pemakaian selama hampir dua bulan (saya memakai produk ini sejak tanggal 17 Juni 2019) noda hitam kecokelatan bekas jerawat di pipi saya memudar bahkan sekarang sudah hampir hilang padahal ketika awal pemakaian noda tersebut masih terlihat jelas. Saya pun tidak mengalami breakout selama menggunakan produk ini.

CONCLUSION
Apakah  The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA ini worth it untuk dibeli? Menurut saya dengan harga segitu sih worth it! Isinya meskipun 30 ml awet juga padahal saya menggunakan produk ini setiap hari pada rangkaian skincare routine saya pada malam hari tanpa bolos sama sekali selama dua bulan, bahkan kadang-kadang saya juga memakainya pada rangkaian skincare routine saya di pagi harinyaRepurchase? YES!
RATE : 4.5/5

Sekian review produk The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA yang bisa saya sampaikan. Jika kalian ada pertanyaan atau mau sharing jangan sungkan dan ragu untuk mengungakapnnya di kolom komentar ya :) Thanks anyway and see you on my next review!

38 Comments

  1. Udah baca banyak review positif soal si Alpha Arbutin-nya The Ordinary, tapi aku sendiri belum cobain haha. Katanya dia bagus ya digabung sama serum yang Niacinamide?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, memang banyak review yang mengatakan bahwa hasil pemakaian Alpha Arbutin akan lebih optimal jika digunakan barengan sama si Niacinamide. Saya juga jadi pengen nyoba buat buktiin, soalnya saya belum nyoba yang Niacinamide hehehe. Yang Alpha Arbutin juga patut dicoba kok :)

      Delete
  2. Bisa mencerahkan wajah juga gak mbak?? Permasalahan kulitku adalah kusam...Gak ngerti lagi harus pake produk apa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak, kulit wajah saya juga ikutan lebih cerah dari sebelumnya. Tapi kembali lagi sih kan skincare itu cocok-cocokan, di setiap orang hasilnya beda-beda, jadi harus berani trial and error dulu hehehe. Semangat terus ya, semoga dapet produk skincare yang cocok :)

      Delete
  3. Setujuu.. Di Aku juga cocok.. Awalnya aku takut beli produknya TO karena ku fikir bakal bikin perubahan yang heboh. Tapi ternyata di kulitku ini bekerja pelan-pelan tapi terlihat hasilnya.. Mau repurchase pastiiii...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeay! Syukurlah kalau cocok ya :) Rencananya aku juga mau repurchase sih tapi sebelum itu pengin nyobaan dulu serum yang lainnya buat selingan, siapa tahu nemu yang lebih oke dengan harga yang lebih oke juga hehehe.

      Delete
  4. Bekas jerawat kakak yang kecokelatan atau yang kemerahan kak??
    Saya pengen banget coba ini tapi masih ragu soalnya bekas jerawat saya kemerahan kak, katanya kalau yg kemerahan cocoknya pake yg the ordinary niacinamide ya kak??
    Mohon di balas yaa kak terima kasihh����

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, bekas jerawat saya warnanya hitam kecokelatan :). Dari klaim produk ini yang katanya bisa mengatasi Hyperpigmentation dan Dark Spot saya berasumsi bahwa memang produk ini lebih cocok untuk bekas jerawat yang warnanya hitam kecokelatan. Sayangnya saya belum mencoba produk The Ordinary yang varian Niacinamide nih :( jadi saya kurang tahu hasil pemakaiannya gimana tapi kalau untuk bekas jerawat yang bewarna hitam kecokelatan The Ordinary Alpha Arbutin 2% + HA ini memang bekerja dan menunjukkan hasil yang positif di kulit wajah saya. Semoga membantu ya :)

      Delete
  5. Kakk, kalo pakenya pas masih ada jerawat kecil gapapa kah? Atau harus nunggu jerawat2nya sembuh dulu? Terima kasihh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meskipun wajah saya sedang berjerawat, saya tetap memakai serum ini kok :) Malahan kalau pake serum ini jerawat saya jadi lebih cepat kempes dan kering :)

      Delete
  6. Kalau boleh tau naa tokonya dishopee apa kak?? Karna aku juga pingin beli katanya bisa juga dipake buat flek

    ReplyDelete
  7. Kak nanya donk kalo alpha arbutinnya dipake pagi hari abis itu pake ordinary mineral uv spf 30 blh gk kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bolehh say, justru kalau produk ini dipake di pagi hari memang harus dibarengi pakai sunscreen:)

      Delete
  8. Takut salah beli...minta rekomendasi t4 beli yg productnya asli dishopee..😊😊

    ReplyDelete
  9. Kak aku beli TO AA ini tapi bau nya itu kayak gimana gitu. Kalau punya kakak bau nya kayak apa? Minta tolong dijelasin yang spesifik ya.. Kak aku takut punya ku ini palsu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baunya memang agak chemicals gitu tapi gak menyengat juga, masih bisa ditoleransi sama hidung kok 🙂

      Delete
    2. Saya beli ordinary alpha arbutin baunya seperti lem, cair banget malah, warnanya juga keruh gitu, sepertinya palsu deh

      Delete
    3. Kalau boleh tahu beli dimana kak? Warnanya keruh agak kuning kecokelatan bukan?

      Delete
  10. Kak tau gak ordinary alpha arbutin ini bisa dipake bareng gak sama toner AHA BHA??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terdapat dua pendapat:
      Pendapat pertama, saya mengambil sumber rujukan dari: https://www.sehatq.com/forum/toner-ahabhapha-dan-serum-alpha-arbutin-2 yaitu bahwa karena Alpha Arbutin yang terdapat dalam produk The Ordinary itu merupakan kandungan yang terdapat di dalam serum kemudian AHA/BHA merupakan kandungan yang terdapat dalam toner maka bisa dipakai berbarengan karena keduanya mempunyai fungsi yang berbeda (Alpha Arbutin berfungsi untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit sementara AHA/BHA berfungsi sebagai exfoliator).

      Pendapat kedua, saya mengambil sumber rujukan dari: https://www.alodokter.com/komunitas/topic/alpha-arbutin-dengan-aha-bha yaitu jika ingin ingin menggunakan produk skincare yang mengandung Alpha Arbutin secara bersamaan dengan produk yang mengandung AHA/BHA ada baiknya digunakan secara terpisah misalkan AHA/BHA digunakan pada pagi hari dan arbutin pada malam hari agar tidak membuat wajah menjadi iritasi dan kemerahan. Jika memakai produk AHA pada siang hari, pastikan juga menggunakan tabir surya dengan kandungan SPF yang tepat sebab wajah menjadi sensitif terhadap cahaya matahari.

      Kesimpulannya: Dikarenakan dari kedua pendapat tersebut tidak ada larangan eksplisit yang melarang penggunaan antara alpha arbutin dan AHA/BHA secara berbarengan maka menurut saya sih keduanya bisa dipakai berbarengan. Saran saya di coba dulu saja, soalnya kan tiap kulit wajah itu beda-beda reaksinya. Jika selama dipakai berbarengan tidak ada problem berarti tidak apa-apa. Semoga membantu :)

      Delete
  11. Hallo kak nean si alpha arubutin ini apa bisa dipake yg ada jerawat nya? Dan bisa bantu ngilangin juga ngga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, maaf baru sempat membalas :) saya pernah sih memakai produk ini ketika saya berjerawat tapi jerawatnya gak banyak hanya satu dua dan hasilnya no problem. Kalau ngilangin bekas jerawat sih bisa ya tapi harus telaten dan makenya konsisten juga, waktu yang diperlukan pun gak instan hehehe. Akan tetapi kalau masalah ngilangin biar muka pure gak jerawatan, sepengalamanan saya memakai ini sih saya tetep jerawatan tapi memang berkurang (hanya satu dua) dan itu juga sering terjadi kalau saya lupa tidak skincare-an atau saya sedang ada tamu bulanan hehehe :)

      Delete
  12. Bisa buat flek juga gak mbak? Oh ya ada anti aging nya juga ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya bisa kak, soalnya klaim produk ini kan menyebutkan bahwa kandungan Alpha Arbutin 2% + HA dalam produk ini bisa mengatasi Hyperpigmentation dan Dark Spots, kan flek itu sering terjadi karena Hyperpigmentation. Ohiya di dalam produk ini tidak ada anti aging-nya ya :)

      Delete
  13. Kak kalau kita pakai serumnya nggak rutin gitu ada dampaknya enggak kak. Kayak pas berhenti pakai jadi wajah kita kembali kesemula lagi gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepengalaman saya yang pernah berhenti memakai produk ini untuk beberapa bulan (karena habis) tanpa menggunakan serum yang lain sih iya, wajah saya jadi gak secerah dan seglowing ketika saya memakai serum ini dirangkaian skincare routine saya hehehe :)

      Delete
  14. Halo mbak. TO AA punya mbak ini warnanya bening kah kalo dilihat dari luar botol? Soalnya saya beberapa kali liat ada yg jual tapi dari luar botol warnanya kuning agak kecokelatan gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf atas keterlambatan balasannya. Iya punya saya warnanya bening. Setahu saya jika isinya sudah bewarna kuning kecoklatan itu kemungkinan sudah teroksidasi atau karena terpapar sinar matahari langsung 🙂

      Delete
  15. selamat siang mba
    mau nanya dong mba, mba pake produk ini terus ngerasain gatel" dimuka terus kemerahan gak mba "Semoga aja dijwb maksih"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf atas keterlambatan balasannya. Selama saya menggunakan produk ini saya tidak mengalami efek samping apapun baik itu gatal, kulit kemerahan atau breakout 😊

      Delete
  16. Kak,boleh gak sih kalo abis pake serum TO AA ini trus pake obat jerawat totol lagi yg dari erha?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya boleh sih selama memang tidak ada terasa efek negatif di kulit wajahnya, saya soalnya pas pake serum ini juga masih tetep pake totol jerawat meskipun bukan dari brand erha hehe

      Delete
  17. kak gak nemu secretkey1 di shopee. bisa mintol kirim link nya kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon maaf atas keterlambatan balasannya ya 🙏🏻 Ternyata tokonya sudah ganti nama. Saya kasih link tokonyq saja ya karena ketika di cek link produknya sudah tidak ada lagi ☹ Ini link tokonya https://shopee.co.id/blessedbekasi?smtt=0.0.9 Semoga membantu ☺

      Delete