Tips Memilih Jurusan IPA atau IPS?



Jurusan IPA atau IPS ? Mana yang lebih baik?




Hai hai hai...... anneninunenonine comeback lagi nih ;) dengan format sudah menjadi anak SMA *cieeeeeeeeee* #pamer. Hehehe Alhamdulillah lah karena hasil UN gak terlalu buruk sama nilai raport yang lumayan. Akhirnya aku bisa masuk ke sekolah terbaik dan favorit juga yang ada di kota ku yaitu SMA Negeri 2 Tasikmalaya (SMANDATAS) horeeeeeeeeeeeeeee :D yasudahlah cuap cuapnya, langsung aja ke pokok bahasan yah :)

Mungkin banyak diantara kita, yang akan kebingungan ketika dihadapkan untuk memilih jurusan study IPA atau IPS. Apalagi kurikulum baru tahun 2013 mengharuskan para murid SMA kelas X yang baru masuk untuk langsung memilih jurusannya. Begitu pun dengan saya sendiri. Kalau saya sih sudah punya pendirian, niat dan planning dari awal akan masuk jurusan IPS, jadi tidak terlalu kebingungan. Dan sekarang saya pun sudah resmi jadi anak IPS. Saya sesuaikan dengan bakat dengan kemampuan saya sendiri lah.

Dari mitos(?) yang beredar banyak orang yang berpendapat bahwa jurusan IPS itu madesu alias masa depan suram !!!!!!!!!!!! hmmm kejam banget yah yang bilang begitu :v (Mereka kan bukan Tuhan)  karena katanya kalau kita mengambil jurusan yang satu ini kita akan sulit mendapatkan pekerjaan di masa yang akan datang. Loh loh, mereka kok berani menyimpulkan seperti itu yah? Sekarang saya mau tanya deh. Politikus, Pengacara, Hakim, PNS, Bisnisman, Pegawai Bank, Akuntan, Ekonom, Psikolog (dan masih banyak pekerjaan yang lain) itu masuknya jurusan apa? IPS kan? Jadi gak ada kata madesu lah! Semua tergantung diri kita, dan takdir Allah S.W.T. Jadi saya tekankan sekali lagi kelas IPS tuh bukan kelas madesu, bukan kelas buangan!

Bagaimana dengan kelas IPA? Mungkin kebanyak orang juga menilai bahwa kebanyakan orang-orang yang masuk jurusan ini merupakan orang yang pandai. Tapi menurut pendapat saya tidak selalu begitu juga. Yang saya ketahui rata-rata orang yang masuk jurusan IPA ini mereka mempunyai bakat cenderung ke pelajaran eksyak (Hitungan). Akan tetapi mereka para eksyak belum tentu pula bisa menguasai pelajaran yang lain. Karena Allah menciptakan bakat orang itu berbeda beda, ingat manusia itu tidak ada yang sempurna guys! Kalau kita mengambil jurusan ini pekerjaan yang mungkin akan dijalani di masa yang akan datang mugkin adalah dokter, perawat, farmasi, bidan/mantri, arsitek, teknik dll.

Mungkin banyak juga yang bilang bahwa jurusan IPA itu lebih luas jangkauan jurusan mata kuliah serta pekerjaannya bila dibandingkan dengan jurusan IPS. Tapi lagi-lagi tidak begitu juga. Karena ada jurusan IPA/IPS yang mengharuskan orang-orang yang mengambil study tersebut saja yang bisa masuk, tapi ada juga yang tidak.

Jadi Manakah Yang Lebih Baik Dari Kedua Jurusan Tersebut?

Pada dasarnya kedua jurusan tersebut baik. Masing-masing mempunyai kelebihan serta kekurangan. Kedua jurusan tersebut akan membawa kita ke masa depan yang cerah apabila di dukung oleh bakat, minat, ikhtiar dan do’a. Takdir Allah pun tidak akan pernah lepas dibalik kisah hidup kita. Jadi sekarang tidak ada istilah-istilah lagi yang seperti di atas ya. Saya memposting ini bukan semata-mata karena saya masuk jurusan IPS. Saya hanya berusaha mengupas fakta yang ada serta meluruskan anggapan negatif sebagian masyarakat terebut.

TIPS KETIKA AKAN MEMILIH JURUSAN

Nah yang terakhir saya akan membagikan tips nih berdasarkan pikiran dan pengalaman saya sendiri, jikalau kita galau memilih jurusan IPA/IPS : 

  1. Kenali bakat, kemampuan, potensi yang ada dalam diri kalian. Karena soal kemampuan, hanya diri kalian sendiri yang lebih tahu (Contohnya seperti saya, saya kan merasa memang lemah dalam pelajaran eksyak, dan saya lebih menyukai pelajaran yang bersifat pengetahuan umum seperti IPS, saya juga lebih senang berpendapat, jadi saya memilih jurusan IPS)
  2. Jangan pilih jurusan berdasarkan gengsi dan hanya ikut teman-teman belaka. (Contohnya misalkan kalian milih jurusan IPA karena banyak teman kalian yang memilih jurusan tersebut, selain itu kalian juga gengsi masuk kelas IPS karena sering disebut kelas buangan :)
  3. Melakukan terlebih dahulu psikotest. Untuk sekedar lebih meyakinkan lagi kalian boleh melakukan psikotest. Apakah kalian lebih cenderung ke pelajaran eksyak atau non eksyak.
  4. Konsultasikan terlebih dahulu kepada orang tua atau guru BK kalian. Usahakan kalian sudah mempunyai gambaran tentang keinginan dan minat kalian di masa depan. Agar nanti orang tua atau guru BK tidak akan kebingungan. 
  5.  Percaya Diri. Kita semua harus PD terutama untuk yang masuk jurusan IPS nih jangan karena gara-gara banyak anggapan begitu kita jadi malu dan goyah.
  6. Yang terakhir sunnah bagi orang yang beragama Islam. Sholat istikharah, meminta petunjuk kepada Allah, supaya pilihan yang kita ambil tidak salah dan membawa berkah.
Untuk calon anak IPS nih saya kasih pict ya hehehe :) biar semangat, motivasi belajar sama PD-nya nambah.



Sekian nih opini dari saya tentang hal tersebut. Semoga bermafaat guys  :)

6 Comments

  1. Terima kasih, artikelnya sangat bermanfaat untuk orang yang sedang bingung menentukan mau masuk ke jurusan mana. Saya jadi lebih percaya diri masuk ke jurusan IPS setelah membaca.

    ReplyDelete
  2. @Anonim : Sama-sama. Sukses untuk sekolahnya :). Terima kasih juga atas komentarnya :)

    ReplyDelete
  3. terima kasih buat atikelnya. semoga jurusan yang saya ambil itu yang terbaik

    ReplyDelete
  4. terima kasih buat artikelnya. semoga jurusan yang saya ambil itu yang terbaik

    ReplyDelete
  5. terima kasih buat atikelnya. semoga jurusan yang saya ambil itu yang terbaik

    ReplyDelete